BATANG BLOG

Contoh Surat | Pidato | RPP I Silabus | Pendidikan

Materi Pesantren Kilat untuk SD/MI , SMP/MTs , SMA dan MA

Materi Pesantren Kilat untuk SD/MI , SMP/MTs , SMA dan MA - Assalamualaikum sahabat batang blog, nggak terasa Sebentar lagi Ramadhan 1434. Biasanya kalo menjelang bulan suci Ramadhan para guru atau pengajar banyak yang nyari materi Pesantren Kilat. Karena Pesantren Kilat merupakan salah satu materi penting dalam rangkaian kegiatan amaliah di bulan suci Ramadhan.nya tidak tepat.

Pesantren kilat ramadhanadalah tempat para santri atau siswa belajar agama secara memadai dalam waktu yang tidak terlalu lama, yaitu jangka waktu tertentu secara terbatas. Lamanya kegiatan pesantren kilat berkisar antara satu minggu sampai dengan satu bulan. Adapun materi yng diajarkan dalam kegiatan pesantren kilat meliputi membaca Al-Qur'an, keimanan islam, Fiqih (ibadah), dan Ahklaq Biasanya kegiatan pesantren kilat ini diadakan pertengah bulan ramadhan sebelum liburan hari raya ,
Dan dibawah ini adalah beberapa Materi Pesantren Kilat untuk SD/MI , SMP/MTs , SMA dan MA

Materi Pesantren Kilat SD dan MI

Bagi siswa SD dan MI , materi pesantren kilat yang utama adalah penekanan pada aqidah dan ibadah khos. Dalam hal ini, saya menyarankan Bapak Ibu guru tidak terlalu memperbanyak materi. Sebaiknya hanya 2 hingga 4 materi saja. Materi tentu saja dapat diulang, dengan intensitas muatan yang lebih berisi.

Untuk Materi Pesantren Kilat SD dan MI, saya menyarankan Bapak Ibu guru menyajikan materi berikut :

Tauhid : Tuhan Yang Esa, Bukti adanya Tuhan
Fiqh : Tata cara Bersuci, Tata cara Shalat
Pembacaan Iqra' (Al-Qur'an)
Materi Tauhid pada Pesantren Ramadhan akan menjadi patokan penanaman aqidah islamiyah yang baik bagi siswa. Jika disedikan masa sepekan untuk pelaksanaan pesantren kilat, gunakan sehari pertama untuk materi Tauhid dan pembahasannya. Awali dulu dengan pengajian Al-Qur'an selama 30 menit. Hari ke-2 dan ke-3 bisa digunakan untuk teori dan praktek tata cara besuci. Dan sisanya, digunakan untuk membahas dan mempraktekkan tata cara shalat.

Saya menganggap jika 4 materi utama ini disajikan dengan baik, seusai pesantren kilat, siswa SD /MI akan terbiasa untuk melaksanakan ibadah rutin. Bukankah bagi mereka yang wajib baru shalat? Hmm …

Materi Pesantren Kilat SMP dan MTs

Untuk pesantren kilat SMP dan MTs, materi mungkin bisa lebih banyak. Namun, tetap saja ke-empat materi di atas harus diikutkan, ditambah dengan beberapa materi. Saya sarankan materi pesantren kilat SMP dan MTs adalah :

Tauhid : Tuhan Yang Esa, Bukti adanya Tuhan
Fiqh : Tata cara Bersuci, Tata cara Shalat, materi tentang Haid, Shalat Berjamaah
Pembacaan Iqra' (Al-Qur'an)
Tarikh : Sejarah Hidup Nabi Muhammad Saw.
Akhlaq : Akhlaq kepada Allah & Orang Tua
Pembahasan ini saya kira lumayan mantap. Masih perlu mengutamakan pembahasan dan praktek materi bersuci dan shalat. Hmmm ..

Materi Pesantren Kilat SMA dan MA

Untuk materi pesantren kilat SMA dan MA , saya menyarankan beberapa materi berikut:

Tauhid : Tuhan Yang Esa, Bukti adanya Tuhan
Fiqh : Tata cara Bersuci, Tata cara Shalat, materi tentang Haid, Shalat Berjamaah
Pembacaan Iqra' (Al-Qur'an)
Tarikh : Sejarah Hidup Nabi Muhammad Saw., Sejarah Khulafaur Rasyidin
Akhlaq : Akhlaq kepada diri Sendiri, Allah, Orang Tua dan Masyarakat; Pembahasan tentang CINTA dalam Islam

Demikian artikel batang tentang Materi Pesantren Kilat untuk SD/MI , SMP/MTs , SMA dan MA semoga bermanfaat bagi anda para pendidikan , terima kasih atas kunjunganya .

Terimakasih Anda telah membaca tentang Materi Pesantren Kilat untuk SD/MI , SMP/MTs , SMA dan MA
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown
Semoga informasi Materi Pesantren Kilat untuk SD/MI , SMP/MTs , SMA dan MA bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa komentar Anda bila ingin bertanya. Salam Sukses
Ditulis oleh: Unknown - Tuesday, July 2, 2013

1 Komentar untuk "Materi Pesantren Kilat untuk SD/MI , SMP/MTs , SMA dan MA"