BATANG BLOG

Contoh Surat | Pidato | RPP I Silabus | Pendidikan

Sejarah dan Asal Usul Kota Batang

Sejarah dan Asal Usul Kota Batang - terima kasih telah berkunjung di batang , blognya anak batang . Nah pada kesempatan kali admin akan membahas Sejarah dan Asal Usul Kota Batang yang banyak ditanyakan teman admin , karena kota batang sendiri belum banyak dikenal luas oleh masyarakat indonesia , seperti kota pekalongan atau tegal , mungkin yang kenal hanya supir truk, bus, atau orang yang biasa melewati pantura (pantai utara jawa) karena kota batang sendiri terletak di jalur pantura .
Terkadang ketika orang batang berpegian bila di tanya orang gini "asalnya mana" kebanyakan menjawab dari pekalongan .nggak tau ya nyebut kota sendiri kok nggakmau ya ..apa mungkin karena kota batang itu berdekatan dengan pekalongan , atau karena seperti penjelasan diatas tadi banyak yang belum mengeNal kota batang , hehehe ( maaf admin pas waktu di malang juga bilang kayak gitu ) pisss.

Setelah sedikit tahu tentang kota batang admin batang blog akan berbagi informasi tentang sejarah dan asal usul kota batang ya ..
Berikut sejarah dan asal usul kota batang 
Sejarah :singkatnya kota batang


Kabupaten Batang dapat dibagi dalam 3
periodisasi sejarah. Berdiri sebagai Kabupaten sejak awal abad 17 dan bertahan sampai dengan 31 Desember 1935. Per 1 Januari 1936, Batang secara resmi digabungkan kedalam Pemerintahan Kabupaten Pekalongan.

Tahun 1946, mulai ada gagasan untuk menuntut kembalinya status Kabupaten Batang.
Tahun 1952, terbentuk sebuah Panitia yang menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Batang. Panitia ini dinamakan Panitia Pengembalian Kabupaten Batang, yang bertugas menjalankan amanat masyarakat Batang.
Tahun 1953, Panitia menyampaikan Surat Permohonan terbentuknya kembali status Kabupaten Batang lengkap satu berkas, yang langsung diterima oleh Presiden Soekarno pada saat mengadakan peninjauan daerah dan menuju ke Semarang dengan jawaban akan diperhatikan.
Tahun 1955, Panitia mengutus delegasi ke pemerintah pusat, yang terdiri atas RM Mandojo Dewono, R.Abutalkah, dan Sutarto (dari DPRDS).

Tahun 1957, dikirim dua delegasi lagi.
Delegasi I tapi gagal 
Tahun 1962, tapi gagal juga untuk pembtukan kabupten batang
Tahun 1964, dikirim empat delegasi.
Tahun 1965, diutus delegasi terakhir yaitu 10.


Delegasi terakhir atau kesepuluh itu, memperoleh kesempatan untuk menyaksikan sidang paripurna DPR GR dalam acara persetujuan dewan atas Rancangan Undang undang tentang Pembentukan Pemerintah Kabupaten Batang menjadi Undang-undang. Pemerintah Kabupaten Daerah Tingkat II
Batang terbentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 9 Tahun 1965, yang dimuat
dalam Lembaran Negara Nomor 52,
tanggal 14 Juni 1965 dan Instruksi
Menteri Dalam Negeri RI Nomor 20
Tahun 1965, tanggal 14 Juli 1965. Tanggal 8 April 1966, bertepatan hari Jumat Kliwon, yaitu hari yang dianggap penuh berkah bagi masyarakat tradisional Batang dan biasa tindai acara kliwonan setiap malam jum'atnya. Di alun-alun batang, dengan mengambil tempat di bekas Kanjengan Batang lama (rumah dinas yang sekaligus kantor para Bupati Batang lama) dilaksanakan peresmian pembentukan Daerah Tingkat II Batang.


Upacara yang berlangsung khidmat dari jam 08.00 s/d 11.00 itu, ditandai antara lain dengan Pernyataan Pembentukan Kabupaten Batang oleh Gubernur Kepala Daerah Propinsi Jawa Tengah Brigjend (Tit) KKO-AL Mochtar, pelantikan R. Sadi Poerwopranoto sebagai Pejabat Bupati Kepala Daerah Batang, serah terima wewenang wilayah dari Bupati KDH Pekalongan kepada Pejabat Bupati KDH Batang, serta sambutan dari Gubernur Kepala Daerah Jawa Tengah.
Sumber : wikimedia

Asal Usulnya Kota batang
Menurut Legenda dan dari cerita nenek moyang batang berasal dari kata Ngembat dan Watang yang aertinya mengangkat Batang kayu.

Kata kakekku dulu pada waktu jaman kerajaan Mataram , kerajaan ini. mempersiapkan daerah-daerah pertanian untuk mencukupi persediaan beras dan pangan untuk prajurit Mataram yang akan mengadakan penyerangan ke Batavia ( jakarta ), Tumenggung Bahurekso mendapat
tugas untuk membuka alas roban yang angker. untuk dijadikan daerah persawahan, alas roban yang merupakan hutan yang masih perawan, lebat dan menyeramkan di huni oleh Jin dan Siluman- siluman.
Dan Tumenggung Bahurekso sempat mendapat gangguan oleh para penghuni alas roban tersebut, Para pekerja yang menebang hutan alas Roban banyak yang sakit dan meninggal karena gangguan jin dan setan penunggu alas roban. namun dengan kesaktiannya gangguan itu dapat teratasi.

Setelah Alas Roban di buka tugas selanjutnya dari Bahurekso adalah mengusahakan pengairan atas lahan yang telah dibuka itu, kemudian beliau membuat bendungan yang sekarang dinamakan bendungan kedongdowo kramat, ketika bendungan itu telah selesai dibuat, bendungan selalu jebol dan dirusak oleh anak buah siluman Uling, hal ini memaksa Tumenggung Bahurekso untuk menyerang para Siluman Uling yang bermarkas di sebuah Kedung sungai, dan dengan kesaktiannya para siluman ini dapat dikalahkan secara mudah.
Tetapi walopun para siluman uling ini telah dikalahkan air yang keluar dari bendungan tidak selalu lancar, kadang besar dan kadang- kadang kecil bahkan tidak mengalir sama sekali. Setelah di teliti ternyata ada Batang Kayu (Watang) besar yang melintang dan menghalangi aliran air. Berpuluh orang disuruh mengangkat dan memindahkan Watang (Batang Kayu) tersebut namun tidak berhasil.

Akhirnya tumenggung Bahurekso sendiri yang turun tangan, dan dengan sekali embat patahlah Watang (batang kayu) tersebut. Dan dari peristiwa ngembat watang itulah kemudian terukir nama Batang, yang berasal dari kata ngemBAT waTANG, orang Batang sendiri sesuai dengan dialeknya menyebutnya MBATANG. Gitu ceritana dari kakek yang saya tangkap
Sumber : dari kakek , nenek ,blog lain, cerita dan buku















Terimakasih Anda telah membaca tentang Sejarah dan Asal Usul Kota Batang
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh akhmad khaerudin
Semoga informasi Sejarah dan Asal Usul Kota Batang bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa komentar Anda bila ingin bertanya. Salam Sukses
Ditulis oleh: akhmad khaerudin - Wednesday, June 19, 2013

Belum ada komentar untuk "Sejarah dan Asal Usul Kota Batang"

Post a Comment